34. KONVENSI KIMIA ORGANIK

MENGGAMBAR MOLEKUL ORGANIK

Halaman ini menjelaskan berbagai cara agar molekul organik dapet diperlihatkan pada kertas atau layar -termasuk formula molekular  dan berbagai bentuk formula struktur.

Formula molekular

Formula molekular dapat dengan sederhana memeberi tahu jumlah dan jenis atom pada suatu molekul, namun tidak menjelaskan bagaimana mereka bergabung.

Sebagai contoh, formula molekular dari butan adalah C4H10, dan formula molekular dari etanol adalah C2H6O.

Formula molekular sangat jarang digunakan dalam kimia organik, karena tidak bisa menginformasikan tentang ikatan dalam molekul. Satu-satunya tempat  anda dapat menemuinya adalah dalam persamaan reaksi dari hidrokarbon sederhana. Sebagai contoh:

Dalam kasus seperti ini, ikatan dalam molekul organik tidak begitu penting.

Formula Struktur

Formula Struktur menjelaskan bagaimana berbagai atom berikatan. Ada banyak cara dalalm penulisannya dan anda perlu untuk mengenalnya.

Formula gambar

Formula gambar memperlihatkan semua ikatan pada molekul sebagai garis. Anda harus ingat bahwa tiap garis mewakili sepasang elektron bagian (shared elektron).

Sebagai contoh, di bawah ini adalah model dari metan dan formula gambarnya:

Perhatikan cara metan digambar tidak sama sedikitpun dengan bentuk aslinya. Metan tidak datar dengan sudut  90°. Kesalahpahaman antara yang anda gambar dan bentuk sebenarnya ini bisa membawa ke masalah jika anda tidak berhati-hati.

Sebagai contoh, pikirkan molekul sederhana dengan formula molekul  CH2Cl2. Anda mungkin berpikir ada dua cara untuk mengatur struktur atom ini jika anda menggambar formula gamba-nya.

Klorin bisa saling berhadapan atau saling membentuk sudut 90°. Tapi sebenarnya kedua struktur ini adalah sama dan serupa. Lihat  struktur mereka dalam bentuk model berikut.

Struktur yang satu  hanya merupakan rotasi dari struktur yang lain.

Pikirkan struktur yang lebih kompleks seperti C2H5Cl. Formula gambarnya dapat ditulis sebagai berikutT:

Namun sekali lagi keduanya adalah sama dan serupa. Lihat model berikut.

Cara umum untuk menggambar formula struktur

Untuk semua selain molekul yang paling sederhana, menggambar formula struktur sangat merepotkan -terutama pada ikatan karbon-hidrogen. Anda dapat menyederhanakan bagian dari formula tersebut dengan  CH3 or CH2 daripada menggambar seluruh ikatan.

Sebagai contoh, asam etanoik dapat digambarkan dalam bentuk penuh dan bentuk sederhana sebagai:

Anda bahkan dapat menyederhanakan sampai dengan  CH3COOH, dan mungkin anda akan memerlukannya saat menuliskan reaksi kimia yang berhubungan dengan sama etanoik.  Tentu saja anda akan kehilangan sesuatu jika menggunakan cara ini, anda tidak dapat melihat secara langsung semua ikatan dan kerjanya.

Anda harus tetap berhati-hati menggambarkan struktur dengan cara ini. Ingat bahwa kedua struktur ini melambangkan molekul yang sama.

Ketiga struktur ini melambangkan butan.

Kesemuanya hanyalah versi lain dari karbon yang berikatan pada satu garis. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa terjadi rotasi disebagian ikatan karbon. Anda dapat melihatnya dalam model berikut.

Tidak ada satupun yang dapat mewakili bentuk butan secara tepat. Bentuk butan menurut konvensi adalah pada satu garis lurus, seperti bagian pertama dari struktur diatas.

Hal ini menjadi lebih penting saat anda membuat cabang rantai karbon. Struktur berikut sekalai lagi semuanya mewakili molekul yang sama 2-metilbutan.

Kedua struktur pada sebelah kiri jelas-jelas sama. Hanya diputar. Dan yang satu lagi tidak begitu jelas bila anda tidak melihat struktur tersebut secara detail. Ada 4 karbon yang terikat dalam satu baris, dengan grup CH3 terikat pada daerah dekat ujung. Jika anda mempunyai model atom, persamaan diantara keduanya dapat dilihat bila anda memutar sebagian dari ikatan dan memuatar seluruh model kimia itu sedikit.

Untuk mengatasi hal yang membingungkan ini, konvensi menyarankan anda untuk selalu melihat rantai karbon terpanjang dan menggambarkannya secara horisontal. Dan yang lainnya diikatkan pada rantai tersebut.

Tidak penting jika anda mengambarnya menghadap atas atau bawah. Semuanya ewakili molekul yang sama.

Jika anda menbuat model atom darinya, anda dapat melihat bahwa hal itu terjadi hanya dengan memutar satu atau lebih rantai-rantai karbon.

Bagaimana menggambar struktur formula dalam 3 Dimensi

Ada saat dimana sangat peting untuk menggambar struktur 3D dari bagian sebuah molekul. Untuk melakukan hal ini Ikatan ditampilkan menggunakan simbol-simbol konvensional:

Sebagai contoh, anda mungkin ingin untuk menampilkan bentuk 3D dari grup sekitar karbon yang merupakan group -OH pada butan-2-ol.

Butan-2-ol mempunyai formula struktur:

Dengan memakai Notasi ikatan konvensional, anda dapat menggambarnya, sebagai contoh:

Satu-satunya perbedaan antara keduanya hanyalah sedikit rotasi di ikatan antara pertengahan dua karbon. Hal ini diperlihatkan dalam dua model dibawah. Perhatikan dengan seksama-terutama pada apa yang telah terjadi pada taom hidrogen tunggal. Pada model tangan kiri, berada dibelakang karbon. pada model tangan kanan pada bidang datar yang sama. perbedaannya hanya sedikit.

Bukan masalah gambar mana yang harus anda gambar. Bahkan anda bia menciptakan satu lagi dengan mudahnya. Pilih salah satu dan biasakan menggambar struktur tiga dimensi dengan cara seperti itu. Kebiasaan yang digunakan dalam website ini yaitu menggambar dua ikatan yang menjauhi kertas dan satu ikatan yang keluar dari kertas seperti pada diagram tangan kiri diatas.

Perhatikan bahwa  tidak ada usaha untuk menampilkan seluruh molekul dalam bentuk 3D pada formula strukur diatas. Group CH2CH3 ditinggalkan dalam bentuk sederhana.Tetap buat gambar sederhana -terlalu banyak detail membuat keseluruhan menjadi sulit untuk dimengerti!

Formula Skeletal (formula rangka)

Pada formula skeletal, semua atom hidrogen dihilangkan dari rantai karbon, meninggalkan rangka karbon dengan Group Fungsional terikat padanya.

Sebagai contoh yang baru saja kita bicarakan  butan-2-ol. Struktur normal dan struktur rangka terlihat seperti ini:

Dalam gambar kerangka di jenis ini:

  • ada atom karbon pada setiap persimpangan antara ikatan pada rantai dan ujung dari setiap ikatan (kecuali bila ada  yang lain seperti -OH pada contoh).
  • Jumlah hidrogen yang teikat pada tiap karbon cukup untuk membuat jumlah ikatan oleh karbon sama dengan 4.

Waspadai! Gambar dalam jenis ini memerlukan latihan untuk dapat dimengerti -mungkin tidak akan diterima oleh pemeriksa anda.

Namun ada contoh dimana gambar seperti ini sering dipakai. Termasuk Cincin cincin atom yang secara mengejutkan sulit untuk digambar dingan rapih dengan struktur formula normal.

Cyclohexane, C6H12, is a ring of carbon atoms each with two hydrogens attached. This is what it looks like in both a structural formula and a skeletal formula.

Dan ini adalah sikloheksen yang sama sama tapi mengandung  ikatan rangkap:

Yang paling umum adalah benzen yang mempunyai simbol tersendiri.

Memutuskan jenis formula untuk dipakai

Semuanya tergantung hanya kepada pengalaman –feeling adalah cara terbaik untuk menemukan jenis formula pada situasi yang anda hadapi.

Jangan khawatir tentang hal ini- semakin anda membaca tentang kimia organik anda akan mengerti secara natural. Dan anda akan terbiasa menulis formula dalam mekanisme reaksi, atau struktur dari isomer, atau dalam persamaan reaksi kimia sederhana anda mungkin tidak memikirkannya sama sekali.

Namun ada beberapa petunjuk yang harus anda ikuti.

Apa yang silabus anda katakan?

Lain guru/dosen mempunyai referensi yang berbeda. Lihat terlebih dahulu silabus anda.

Anda juga harus memeriksa soal-soal teraktual dan terutama jawaban soal untuk memeriksa jenis formula kimia yang diinginkan. Anda juga bisa memeriksa dari buku yang diterbitkan oleh guru/dosen anda.

Bagaimana jika anda tetap tidak yakin?

Gambar formula yang paling detail yang muat pada tempat yang disediakan. Jika ragu-ragu Gambar formula yang dapat dilihat secara penuh. Anda tidak akan kehilangan banyak nilai karena kurang detail.

Terlepas dari kasus yang paling sulit (seperti pembakaran hidrokarbon), jangan pernah gunakan formula molekuler. Selalu tunjukkan detail pada bagian yang penting. Sebagai contoh bagian terpenting dari eten adalah ikatan rangkapnya – jadi tulis kurang lebihCH2=CH2 dan jangan C2H4.

Dimana cara dalam menggambar menjadi membingunkan dalam site ini. Baca halaman ini sekali lagi.
Gunakan fasilitas pencarian kata dibawah ini untuk mencari kata di chem-is-try.org

PENAMAAN SENYAWA ORGANIK
Halaman ini menjelaskan bagaiman menamakan formula dari senyawa organik. Menyangkut alkana,sikloalkana,alkena, senyawa sederhana mengandung halogen, alkohol, aldehid dan keton.

Latar Belakang

Bagaimana Halaman ini akan menyelesaikan masalah

Ada dua kemampuan yang harus anda kembangkan dibagian ini:

  • Anda harus bisa membaca nama dari suatu senyawa organik ke struktur formula-nya.
  • Anda harus bisa menyebut nama umum dari sebuah senyawa.

Yang pertama adalah bagian yang lebih penting (juga lebih mudah). Pada ujian jika anda tidak bisa menulis formula dari senyawa yang diberikan, anda tidak akan tahu apa yang dimaksud oleh pembuat soal dan dapat menyebabkan anda kehilangan banyak nilai.

Memecahkan kode

Nama organik modern hanyalah sebuah kode. Setiap bagian memberikan informasi berguna tentang senyawa tersebut.

Sebagai contoh, untuk mengerti 2-metilpropan-1-ol anda harus menerjemahkan per-bagian nama itu.

Bagian prop ditengah menerangkan berapa banyak karbon pada rantai terpanjang (pada kasus ini 3). Dan akhiran an yang mengikuti prop “prop” ,menerangkan ada tidaknya ikatan rangkap.

Dua bagian yang lain menjelaskan suatu hal yang menarik tentang yang terjadi pada karbon pertama dan kedua dari rantai karbon.

Nama lain yang anda temui dapat diterjemahkan dengan cara seperti ini.

Menghitung atom karbon

Anda harus ingat kode untuk jumlah atom karbon sampai dengan rantai 6 karbon. Jika anda tidak dapat mengingatnya dengan baik anda tidak akan dapat menamakan apapun!!!

kode jumlah karbon
meth 1
eth 2
prop 3
but 4
pent 5
hex 6

Tipe ikatan-ikatan karbon

Ada tidaknya ikatan rangkap ditunjukkan oleh dua huruf setelah kode jumlah karbon.

kode arti
an hanya karbon-karbon ikatan tunggal
en mengandung karbon ikatan rangkap

Conto,  butan berarti empat karbon pada rantai tanpa ikatan rangkap.

Propen berarti tiga karbon pada rantai dengan ikatan rangkap diantara dua karbon.e

Golongan alkil

Senyawa seperti metan, CH4, dan etan, CH3CH3,adalah anggota dari keluarga senyawa bernama alkana. Jika anda lepaskan sebuah hidrogen darinya anda akan mendapatkan golongan alkil.

Contoh:

  • Golongan  metil adalah  CH3.
  • Golongan ethil adalah CH3CH2.

Golongan ini tentu saja harus terikat pada suatu senyawa lain.

Tipe senyawa

Alkana

Contoh 1: Tuliskan struktur formula untuk  2-metilpentan.

Mulai menterjemahkan dari bagian yang menjelaskan jumlah karbon pada rantai utama. pen berarti ada lima karbon.

Apakah ada ikatan rangkap? Tidak.  an menjelaskan hal itu.

Sekarang gambar kerangka karbon:

Taruh golongan metil pada atom karbon nomor dua dari rantai karbon terpanjang:

Darimanakah sebaiknya mengitung nomor  karbon?  Darimana saja boleh. Perbedaan arah hitungan tidak berpengaruh. Keduanya tetap merupakan senyawa yang sama. Hanya diputar saja dari pandangan kita.

Akhirnya yang harus anda lakukan adalah menaruh jumlah hidrogen yang benar pada setiap karbon sehingga masing-masing karbon membentuk 4 ikatan.

Jika anda harus menamai:

  • Hitung rantaikarbon terpanjang yang anda temukan. Jangan beranggapan bahwa anda harus menuliskannya lagi dengan bentuk horisontal. 5 karbon berarti  pent.
  • Apakah ada ikatan rangkap? Tidak -Jadi  pentan.
  • Ada golonga metil pada rantai karbon nomor dua. Jadi  2-metilpentan. Menagapa nomor dua bukan nomor 4 dari ujung yang lain? Konvensi mengatakan untuk menuliskan nomor terendah pada penamaan. jadi 2 bukan 4.

Contoh  2: Tulis Struktur formula dari  2,3-dimetilbutan.

Mulai dari rangka karbon. Ada 4 karbon pada rantai terpanjang (but) tanpa ikatan rangkap (an).

Kali ini ada dua golongan metil T (di) pada nomor dua dan nomor 3 dari atom karbon:

Menyelesaikan formula dengan mengisi atom hidrogen:

Contoh 3: Tulis struktur formula dari  2,2-dimetilbutan.

Ini sama persis dengan contoh terakhir, kecuali kedua golongan metil ada pada atom karbon yang sama. Perhatikan bahwa namanya ditunjukkan dengan 2,2– juga dengan di. Strukturnya sama dengan sebelumnya:

Contoh 4: Tulis Struktur formula untuk 3-etil-2-metilheksan.

heksan menjelaskan ada 6 rantai karbon tanpa ikatan rangkap.

Kali ini ada dua golongan alkil yang berbeda yang berikatan -golongan etil pada atom karbon nomor 3 dan golongan metil pada nomor 2.

Dengan mengisi atom hidrogen menjadi:

Jika anda harus menamakan sendiri:

Bagaimana anda tahu urutan untuk menamakan alkil-alkil yang ada pada rantai karbon yang sama (yang mana yang harus ditulis terlebih dahulu). Menurut konvensi anda harus menamakannya sesuai urutan abjad -contoh, etil sebelum metil, dan metil sebelum propil.

Sikloalkana

Pada sikloalkana Atom karbon bergabung dalam cincin (siklo).

Contoh: Tuliskan struktur formula dari sikloheksan.

heksan menenjukkan adanya 6 karbon tanpa adnya ikatan rangkap. Siklo menunjukkan bahwa mereka berada dalam bentuk cincin. Dengan menggambar cincin dan menaruh jumlah hidrogen yang tepatmemberikan:

Alkena

Contoh 1: Tuliskan struktur formula dari propen.

prop bearti ada 3 karbon dirantai terpanjang  en berarti ada ikatan rangkap. Jadi rangka karbon akan menjadi seperti ini:T

Dengan mengisi hidrogen, menjadi:

Contoh  2: Tuliskan struktur formula untuk  but-1-ene.

but berarti empat karbon utama dan en berarti adanya ikatan rangkap. nomor mengatakan letak dari ikatan rangkap.

Pada propen letak ikatan rangkap tidak diperlukan karena hanya adasatu kemungkinan letak dari ikatan rangkap.Dalam kasus buten ada lebih dari satu kemunkinan.

Rangka karbon menjadi:

Dan struktur penuhnya :

anda  mungkin juga menggambarkannya sebagai:

Contoh  3: Tulis struktur formula dari  3-metilheks-2-ene.

Rantai karbon terpanjang mempunyai 6 karbon (heks) dengan ikatan rangkap mulai dari nomor dua (-2-en).

Tapi kali ini ada golongan metil pada atom karbon nomor 3, sehingga struktur menjadi:

Dengan menambahkan hidrogen struktur menjadi:

Berhati-hatilah untuk menghitung ikatan sekitar masing-masing karbon saat menambahkan hidrogen.

Senyawa mengandung halogen

Contoh 1: Tulis struktur formula dari 1,1,1-trikloroetan.

Ini merupakan rantai dari 2 karbon  (et) tanpa ikatan rangkap(an). dengan adanya tiga klorin pada karbon nomor 1.

Contoh 2: Tuliskan Stuktur formula untuk  2-bromo-2-metilpropane.

Mula-mula gambar kerangka karbon. Rantai 3 karbon tanpa ikatan rankap dengan metil terikat pada atom karbon nomor 2.

Gambar atom bromin yang juga pada atom karbin kedua.

Dan akhirnya masukkan atom-atom hidrogen

Jika anda harus menamakannya sendiriI

Perhatikan keseluruhan agian hidrokarbon ditulis terlebih dahulu sebelum anda menambahkan yang lain.

Contoh 2: Tuliskan Struktur formula dari 1-iodo-3-metilpen-2-en.

Kali ini rantai 5 karbon T (pen),dengan ikatan rangkap dari karbon nomor 2. Dan terdapat golongan metil pada karbon nomor 3.

Sekarang gambar iodine pada karbon nomor 1.

Sehingga hasil terakhir menjadi:

Alkohol

Semua alkohol mengandung golongan -OH. Penamaan diakhiri dengan  ol.

Contoh 1: Tuliskan struktur formula dari metanol.

Sebuah rantai karbon tanpa ikatan-ikatan karbon. Akhiran ol memperlihatkan bahwa itu merupakan golongan alkohol, jadi mengandung -OH.

Contoh 2: Tuliskan struktur formula untuk 2-metilpropan-1-ol.

Kerangka karbon merupan 3 buah karbon tanpa ikatan rangkap, namun terdapat metil pada ikatan nomor 2.

Golongan -OH berikatan dengan karbon nomor 1.

Karena itu struktur menjadi:

Contoh 3: Tuliskan Struktur formula dari ethan-1,2-diol.

Ini merupakan dua karbon tanpa ikatan rangkap. Diol menunjukkan 2 g -OH terikat pada tiap karbon.

Aldehide

Semua aldehid mengandung:

Jika anda akan menulis ini menjadi bentuk lebih sederhana tuliskan -CHO jangan -COH karena akan mencadi golongan alkohol

Aldehid berakhir dengan al.

Contoh 1: Tuliskan struktur formula untuk propanal.

Ini merupakan rantai 3 karbon tanpa ikatan rangkap. Akhiran al menunjukkan adanya -CHO. Dan karbon pada -CHO terhitung sebagai salah satu karbon dari rantai utama.

Contoh : Tuliskan Struktur formula untuk 2-metilpentanal.

Kali ini ada lima karbon pada rantai utama (termasuk satu pada -CHO). Tidak ada ikatan rangkap. Ikatan metil pada karbon nomor 2. Perhatikan dalam tiap aldehid karbon pada -CHO selali dihitung sebagai karbon no 1.

Keton

Keton mengandung ikatan rangkap karbon-oksigen seperti pada aldehid. tapi kali ini pada pertengahan rantai karbon. Tak ada atom hidrogen pada karbon keton seperti pada aldehid.

Keton diperlihatkan dengan akhiran one.

Contoh 1: Tuliskan struktur formula dari  propanone.

Rantai 3 karbon tanpa ikatan rangkap. Ikatan karbon-oksigen dipastikan berada di bagian tengah.

Keton sering ditulis dengan cara ini untuk menekankan ikatan karbon-oksigen.

Contoh 2: Tuliskan struktur formula untuk pentan-3-one.

Kali ini posisi ikatan rangkap Karbon-Oksigen harus dituliskan karena ada lebih dari satu kemungkinan. Kali ini pada atom karbon nomor 3.

Persamaan ini juga bisa ditulis sebagai:

Gunakan fasilitas pencarian kata dibawah ini untuk mencari kata di chem-is-try.org

MENU KONVENSI PADA KIMIA ORGANIK

Bagaimana Menggambar Molekul Organik
Menjelaskan berbagai konvensi yang digunakan dalam menggambar molekul organik.

Introduksi Penamaan Molekul Organik
Petunjuk untuk mengerti nama dari senyawa organik, termasuk alkana, sikloalkana, alkena, senyawa halogen, alkohol, aldehid dan keton.

Penamaan Molekul Organik Lanjutan
Menjelaskan penamaan asam karboksilat serta garam, ester, asil klorida, asam anhedrit, amida nitril, amina serta asam amino.

Penamaan Senyawa Aromatis
Soal-soal tentang penamaan senyawa yang mengandung benzen.

Bagaimana Menggunakan Panah Melingkar
Bagaimana menggunakan panah melingkar untuk menunjukkan pergerakan pasangan elektron atau elektron tungal dalam mekanisme reaksi.

Penamaan Senyawa Aromatis

Halaman ini menjelaskan penamaan beberapa senyawa aromatis. Senyawa aromatis adalah senyawa yang mengandung cincin benzene. Dianggap anda telah mengerti tentang penamaan rantai karbon (dibahas dibagian sebelumnya)

Penamaan senyawa aromatis tidak secara langsung seperti pada rantai karbon. Seringkali lebih dari satunama dapat diterima dan tidak langka jika nama lama masih digunakan.

Latar Belakang

Cincin Benzene

Semua senyawa aromatis berdasarkan benzen, C6H6, yang memiliki enam karbon dan simbol sebagai berikut:

Setiap sudut dari segienam memiliki atom karbon yang terikat dengan hidrogen.

Fenil

Ingat bahwa anda mendapatkan metil , CH3, dengan mengingkkirkan sebuah hidrogen pada metan, CH4.

Dan anda mendapatkan Fenil , C6H5, dengan menghilangkan sebuah hidrogen dari benzen, C6H6. Seperti metil atau etil , Fenil selalu terikat pada yang lain.

Golongan aromatik dengan suatu golongan terikat pada cincin benzen.

Kasus dimana penamaan didasarkan pada benzen

Klorobenzen

Ini merupakan contoh sederhana dimana sebuah halogen terikat pada cincin benzen. Penamaan sudah sangat jelas.

Penyederhanaannya menjadi C6H5Cl. Sehingga anda dapat (walau mungkin  tidak!) menamainya fenilklorida. Setiap kalo anda menggambar cincin benzen dengan sesuatu terikat padanya sebenarnya anda menggambar fenil. Untuk mengikat sesuatu anda harus membuang sebuah hidrogen sehingga menghasilkan fenil.

Nitrobenzen

Golongan nitro, NO2, terikat pada rantai benzen.

Formula sederhananya C6H5NO2.

Metilbenzen

Satu lagi nama yang jelas. Benzen dengan metil terikat padanya. Golongan alkil yang lain juga mengikuti cara penamaan yang sama.Contoh, etilbenzen. Nama lama dari metilbenzen adalah toluen, anda mungkin masih akan menemui itu.

Formula sederhananya C6H5CH3.

(Klorometil)benzen

Variasi dari metilbensen dimana satu atom hidrogen digantikan dengan atom klorida. Perhatikan tanda dalam kurung,(klorometil) . Ini agar anda dapat mengerti bahwa klorin adalah bagian dari metil dan bukan berikatan dengan  cincin.

Jika lebih dari satu hidrogen digantikan dengan klorin, penamaan akan menjadi (diklorometil)benzene atau (triklorometil) benzen. Sekali lagi perhatikan pentingnya tanda kurung.

asam benzoik (benzenecarboxylic acid)

Asam benzoik merupakan nama lama, namun masih umum digunakan -lebih mudah diucapkan dan ditulis. Apapun sebutannya terdapat asam karboksilik, -COOH, terikat pada cincin benzen.


Kasus dimana penamaan berdasarkan Fenil

Ingat bahwa golongan fenil adalah cincin benzen yang kehilangan satu atom karbon – C6H5.

fenilamine

Fenilamin adalah amin primer yang mengandung  -NH2 terikat pada benzen.

Nama lama dari fenilamin adalah anilin, dan anda juga dapat menamakanya  aminobenzene.

fenileten

Molekul eten dengan fenil berikatan padanya. Eten adalah rantai dengan  dua karbon dengan ikatan rangap. Karena itu fenileten berupa:

Nama lamanya Stiren -monomer dari polystyren.

feniletanon

Mengandung rantai dengan dua karbon  tanpa ikatan rangkap. Merupakan golongan  adalah keton sehingga ada C=O pada bagian tengah. Terikat pada rantai karbon adalah fenil.

feniletanoat

Ester dengan dasar asam etanoik. Atom hidrogen pada  -COOH digantikan dengan golongan fenil.

fenol

Fenol memiliki  -OH terikat pada benzen sehingga formulanya menjadi  C6H5OH.

Senyawa Aromatik dengan lebih dari suatu golongan terikat pada cincin benzen.

Menomori cincin

Salah satu golongan yang terikat pada cincin diberi nomor satu.

Posisi yang lain diberi nomor 2 sampai 6. Anda dapat menomorinya searah atau berlawanan arah dengan jarum jam. Sehingga menghasilkan nomor yang terkecil. Lihat contoh untuk lebih jelas

Contoh:

Menambah atom klorin pada cincin

Lihat pada senyawa berikut:

Semuanya berdasar pada metilbenzen dan dengan itu metil menjadi nomor 1 pada cincin.

Mengapa  2-Klorometilbenzen dan bukan 6-klorometil benzen? Cincin dinamai searah jarum jamdalam kasus ini karena angka 2 lebih kcil dari angka 6.

asam 2-hidrobenzoik

Juga disebut sebagai asam 2-hidroksibenzenkarbolik. Ada  -COOH terikat pada cincin dan karena penamaan berdasarkan benzoik maka golongan benzoik menjadi nomor satu. Pada posisi disampingnya terdapat hidroksi -OH dengan nomor 2.

asam benzene-1,4-dikarboksilik

“di” menunjukkan adanya dua asam karboksilik dan salah satunya berada diposidi 1 sedangkan yang lainnya berada pada posisi nomor 4.

2,4,6-trikloofenol

Berdasarkan dengan fenol dengan -OH terikat pada nomor 1 dari rantai karbon dan klorin pada posisi nomor 2,4 dan 6 dari cincin karbon.

2,4,6-triklorofenol adalah antiseptik terkenal  TCP.

metil 3-nitrobenzoat

Nama ini merupakan nama yang akan anda temui pada soal-soal latihan me-nitrat-kan cincin benzen.

Dari namanya ditunjukkan bahwa metil 3-nitrobenzoat merupakan golongan ester (akhiran oat). Dan metil tertulis terpisah.

Ester ini berdasarkan asam T, asam 3-nitrobenzoik   -dan kita mulai dari sana.

Akan ada cincin benzen dengan  -COOH pada nomor satu dari cincin dan nitro pada nomor 3. untuk menghasilkan ester sebuah hidrogen pada  -COOH  degantikan dengan metil.

Metil 3-nitrobenzoat menjadi:

Gunakan fasilitas pencarian kata dibawah ini untuk mencari kata di chem-is-try.org

Penggunaan panah melengkung dalam mekanisme reaksiHalaman ini menjelaskan penggunaan panah melengkung untuk memperlihatkan pergerakan  elektron pasangan dan elektron tunggal pada mekanisme reaksi organik.

Penggunaan panah melengkung untuk menunjukkan pergerakan  elektron pasangan

Panah melengkung digunakan dalam mekanisme untuk memperlihatkan berbagai macam pergerakan  elektron.

Bagian belakang dari panah adalah tempat awal pasangan elektron. Itu sudah jelas. Anda juga harus memperlihatkan pasangan elektron sebagai ikatan atau jika merupakan  elektron bebas/tunggal  , sebagai titik. Ingat bahwa elektron bebas  adalah  elektron pada suatu  ikatan yang tidak dipakai untuk berikatan.

Kepala dari panah adalah letak terakhir dari elektron.

Sebagai contoh, pada reaksi antara eten dan hidrogen bromida, satu dari dua ikatan antar karbon terputus. Ikatan tersebut merupakan pasangan elektron.

Elektron tersebut pindah untuk membentuk ikatan baru dengan hidrogen dari HBr. Pada saat yang sama pasangan elektron pada hidrogen bromida pindah ke atom bromida.

Tidak perlu untuk menggambar pasangan elektron pada ikatan sebagai dua buah titik. Cukup dengan garis. Anda juga dapat menambahkan dua buah titik jika ingin.

Perhatikan bahwa panah mengarah ke daerah antara C dan H karena elektron menuju ke daerah tersebut.  Juga perhatikan pergerakan antara H dan Br juga digambarkan dengan panah melengkung walau pasangan elektron menuju ke arah bawah. Anda harus menunjukkan pergerakan elektron dengan garis melengkung bukan dengan garis lurus.

Tahap kedua dari reaksi ini menunjukan  pergerakan elektron bebas.

Tahap pertama meninggalkan muatan positif apda tangan kanan karbon dan muatan negatif pada bromida.  Anda dapat tebak bahwa elektron pada bromidalah yang sebenarnya membuat ikatan  hidrogen bromida.

Pasangan tunggal pada ion bromida  bergerak untuk membentuk ikatan baru antara bromin dan tangan kanan atom karbon. Pergerakan itulah yang ditunjukkan dengan panah melengkung.
Perhatikan juga bahwa panah melengkung menunjuk pada daerah antara karbon dan bromina karena ke daerah tersebut elektron pindah.

Sehingga anda mendapatkan produk dari reaksi ini, bromothane:

Penggunaan panah melengkung untuk menunjukkan pergerakan elektron tunggal

Penggunaan umum dari panah melengkung adalah untuk memperlihatkan pergerakan elektron pasangan. Anda juga edapat menggunakannya untuk memperlihatkan pergerakan elektron tunggal, namun dengancatatan ujung dari panah tersebut hanya menggunakan satu garis bukan dua. (Lihat gambar)

Pergerakan pasangan elektron

Pergerakan elektron tunggal

Tahap pertama dari polemerisasi dari eten, sebagai contoh, ditunjukkan dengan:

Anda harus menggambar titik untuk menunjukkan masing masing elektron. Panah tidak sempurna (half arrow) menunjukkan arah kemana mereka pindah.

Penggunaan panah- panah ini harus anda sesuaikan dengan text book yang anda pakai.

Ada beberapa kesalahan yang membingungkan pada penggunaan panah penuh (dengan dua garis) dan panah tidak sempurna (dengan satu garis). Sesuaikan dengan Text book anda.
Gunakan fasilitas pencarian kata dibawah ini untuk mencari kata di chem-is-try.org

7 Tanggapan to “34. KONVENSI KIMIA ORGANIK”

  1. junianataslima Says:

    thanks a lot sir for helping me study🙂

  2. gisnawirdya Says:

    makasih pak atas info nya, ini dapat membantu sya dalam banyak hal

  3. selvyanyayu Says:

    terima kasih pak atas informasinya, info ini sangat membantu sekali dalam proses apapun.

  4. devydestiani Says:

    trimakasih Pak atas ilmu yang telah bapak berikan🙂

  5. putudarmawan Says:

    terima ksih infonya pak, semoga berguna ..

  6. putudarmawan Says:

    Terimakasih atas infonya pak
    semoga ilmu ini dapat saya manfaatkan dgn baik
    dan dapat mmbntu saya ke dpannya

  7. Desi Riskyani ( Sepdes ) Says:

    pak, apa yang bapak berikan sngat berguna untuk saya dan bisa saya pelajari lagi
    mksh pak🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: